Thank You For Reading...............

Jumat, 29 Desember 2017

CISCO PACKET TRACER UNTUK SIMULASI JARINGAN KOMPUTER Part II

 SIMULASI MEMBUAT SERVER DHCP PADA JARINGAN


PENDAHULUAN

Latar Belakang
Good Afternoon Everybody,,,,πŸ™†πŸ™†πŸ™†πŸ™†πŸ™†πŸ™†πŸ™†πŸ˜‰πŸ˜‰πŸ˜‰πŸ˜‰You're Ok
Alay ya biarkan Langsung aja ya gaes sebelum melangkah lebih jauh lagi kita harus tau dulu ya apa itu Server dan gimana Cara Kerjanya

Pengertian
 Server ==> Server adalah komputer sentral yang menangani kumpulan data dan memberikan layanan terhadap komputer client.Lalu bagaimana cara kerja Server.Cara kerjanya yaitu sebagai media penyimpanan data dari komputer client.
DHCP ==>(Dynamic Host Configuration Protocol) yaitu salah satu protocol pada jaringan komputer yang memberikan konfigurasi secara dinamis/otomatis terhadap host.jadi kita tidak perlu lagi melakukan konfigurasi ip secara manual jika ada ratusan PC.

Maksud dan Tujuan
 Dengan kita menggunakan DHCP Server kita bisa menghemat waktu dan juga agar Lebih cepat dalam mengkonfigurasi IP.

ALAT DAN BAHAN

Masih sama kok seperti postingan saya yang sebelumnya Yaitu PC/Laptop serta aplikasi Cisco Packet Tracer.Ok langsung saja ya;-

PROSES TAHAPAN PEKERJAAN

  • Pertama Siapkan 4 Workstation,1 Switch dan 1 Server sehingga tampak seperti gambar dibawah ini
  • Double Klik Server0.Pilih Tab Config pada menu Interface,pilih FastEthernet,lalu isikan IP Address Server.Contoh 192.168.120.1 Subnet Mask 255.255.255.0 Lihat Gambar.
  • Masih di Jendela Propertis Server0 Masuk ke menu Services pilih DHCP pastikan Service DHCP On.Kemudian Isikan Blok IP Address yang akan diberikan_IP oleh DHCP Server lalu Save.

  • Setelah itu Lakukan Request DHCP yaitu dengan cara Double Klik PC0, Pilih Tab Dekstop dan Masuk pada menu IP Configuration.  

  • Pastikan Pilihan Radio Button pada pilihan DHCP.Maka secara Otomatis akan mendapatkan IP.


  • Nah,,,Anda dapat melakukan hal yang sama ya pada PC1,PC2 Dan PC3
TEMUAN PERMASALAHAN
  1. Bagaimana jika PC2 menggunakan Static IP dan tetap di segmen (subnet) yang sama dengan Server DHCP ??? Apa yang terjadi????
Dan apa Yang Terjadi
Coba ping Ke Server,PC1,PC0 Dan PC3
Ternyata TTL Alasannya Karena ini masih satu host,coba jika IP Addressnya tidak satu host maka hasilnya akan

RTO (Request TIme Out)
2.) Bagaimana Jika kita mencoba untuk membuat jaringan sederhana,tetapi ditambahkan dengan node Server yang memberikan layanan/service DHCP.Kemudian set pada setiap Workstation untuk memberlakukan DHCP.
Contohnya Seperti dibawah ini dan silahkan kalian mencoba sendiri untuk mensetting Workstation untuk memberlakukan DHCP.Kalau saya sudah mencoba dan hasilnya adalah TTL ketika mencoba untuk meng "ping".Cobalah Kalian Buktikan SendiriπŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…
KESIMPULAN
 1.) Pemberian IP address otomatis memanfaatkan protokol DHCP.Host yang melakukan layanan pemberian IP disebut Server DHCP.

2.) Workstation baru mendapat Konfigurasi host dari DHCP Server hanya jika layanan DHCP Server Statusnya On.

DAFTAR PUSTAKA DAN REFERENSI

Oke Gaes Cukup sekian postingan pada hari ini tunggu postingan-postingan saya yang lain kiranya hanya ini yang dapat saya sampaikan kurang lebihnya harap dimaklumiπŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ˜‡πŸ˜‡πŸ˜‡πŸ˜‡πŸ˜‡πŸ˜‡ karena tak ada manusia yang tak pernah berbuat salah Terimakasih Ya  Semoga Bermanfaat..........................................
See You Bye Bye:?*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kritik dan Saran :