Thank You For Reading...............

Jumat, 05 Januari 2018

Mengenal OSI Layer

Pendahuluan 

Assalamu'alaikum Wr.Wb

Selamat Sore semua,,,,,,di post kali ini saya ingin mengulang kembali ya apa yang saya pelajari hari ini yaitu tentang OSI Layer........ :):):):)

1. Pengertian

Sebenarnya apa itu OSI???langsung saja ya
OSI (Open System Interconnection)  disebut juga dengan model "Model tujuh lapis OSI" (OSI seven layer model).sebuah model arsitektural jaringan yang dikembangkan oleh badan International Organization for Standardization (ISO) di Eropa pada tahun 1977

2. Latar Belakang 

Mempelajari Sedikit mengenai OSI Layer.

3. Maksud & Tujuan 

Mengulang kembali apa yang saya pelajari hari ini.

Alat & Bahan

Materi Tentang OSI baik itu dari internet,buku dll.

Proses tahapan pekerjaan 

Hasil gambar untuk OSI Layer dan protocol 



  • Ok Langsung Saja Yang Pertama ada Physical Layer yang berfungsi untuk mendefinisikan media transmisi jaringan,metode pensinyalan,sinkronisasi bit dan topologi jaringan.intinya Physical Layer ialah yang terlihat secara fisik.....Seperti Ethernet,Wireless,PPP.




Hasil gambar untuk ethernet


  • Yang kedua ada Data-Link Layer berfungsi untuk menentukan bagaimana bit-bit data dikelompokkan menjadi format yang disebut frame.Seperti Mac Address Yaitu Alamat Sebuah jaringan dan Switch.
Contoh Mac-Address


Contoh Switch
Hasil gambar untuk switch hub

  • Di layer ketiga ada Network Layer 
Berfungsi Untuk mendefinisikan alamat-alamat IP,Membuat Header untuk paket-paket,kemudian melakukan routing melalui internetworking dengan mengguankan router.
  1. IP (Internet Protocol) ada dua versi yaitu IPV4 &IPV6
  2. ICMP (Internet Control Message Protocol) misalnya pada saat ping 

  • Layer Keempat ialah Transport Layer
Berfungsi untuk memecah data kedalam paket-paket data serta memberikan nomor urut sehingga dapat disusun kembali pada sisi tujuan setelah diterima.selain itu juga membuat sebuah tanda bahwa paket diterima dengan sukses,serta menstransmisikan ulang terhadap paket yang telah hilang ditengah jalan.
ex ilustrasi sederhana :mengirimakan paket berupa lembaran kertas yang diberi nomor urut misal 1,2,3dst... sehingga paket tersebut dapat diurutkan kembali setelah sampai di si penerima nah sehingga penerima pun dapat memberikan sebuah tanda bahwa paket telah sukses diterima,,,kalau pun misalnya paketnya hilang ditengah jalan jatuh,sobek dll.. maka akan ada pemberitahuan dari si pengirim bahwa paket tersebut hilang jatuh,ataupun sobek dan akan diganti dengan paket yang baru...
Contoh Layer keempat:

TCP (Transmoission Control Protocol) sistem kerja dari TCP ini yaitu mengirim data dan apabila data tersebut korup atau hilang maka akan ada peringantan tertentu.di TCP ini pengiriman data bisa disebut juga pengiriman data secara efektif.

UDP (User Datagram Protocol) salah satu protocol TCP/IP yang mendukung komunikasi yang tidak handal tanpa koneksi antara host-host dalam jaringan yang menggunakan TCP/IP.bisa diartikan UDP ini mengirimkan pesan tanpa ada persetujuan dalam arti membroadcast terus-menerus dan pesan-pesan UDP dikirimkan  sebagai datagram tanpa nomor urut pesan.
  • Session Layer
Yaitu ada Domain Resolve yaitu Mengubah Alamat IP menjadi sebuah nama yang unik yang lebih mudah untuk diingat.karena lebih mudah untuk mengingat huruf daripada angka misalnya ip google 8.8.8.8 kita lebih mudah mengingatnya dengan nama Google.com.

  • Yang Keenam ada Presentation Layer
  1. Enskripsi adalah  proses mengamankan suatu informasi dengan membuat informasi tersebut tidak dibaca.jadi dapat diartikan pula bahwa enskripsi itu sebuah penyamaran contohnya password.  
  2. Diskripsi Kebalikan dari diskripsi jika enskripsi itu penyamaran maka deskripsi adalah jelas tanpa rahasia.misalnya mengetikkan password dan memperlihatkan passwordnya 
  3. MIME (Multipurpose Internet Mail Extension) ialah format suatu file untuk mengijinkan beberapa data selain teks dengan pengkodean ASCII seperti Video,Suara Gambar .misal Komputer.pdf,Dia.mp4,Laut.png dll.
  • Layer Terakhir yaitu Application Layer 
Terdiri dari :
  1. SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) salah satu protokol yang umum yang digunakan untuk pengiriman urat elektronik.
  2. HTTP (Hypertext Transfer Protokol) yaitu protokol aplikasi untuk sistem komunikasi atau bisa diartikan dasar komunikasi data World Wide Web (WWW).
  3. FTP (File Transfer Protocol) protocol jaringan yang digunakan untuk transfer file komputer antara client dan server.
  4. Telnet (Telecomunnication network) merupakan sebuah protokol jaringan yang digunakan pada Internet atau jaringan Local Area Network untuk menyediakan fasilitas komunikasi berbasis teks interaksi dua arah yang menggunakan koneksi virtual terminal.
  5. DNS (Domain Name Server) sama dengan Domain resolve.
  6. DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol) ialah pemberian atau penyewaan IP secara Otomatis.Keuntungannya mendapat IP secara Otomatis,Sedangkan Kerugiannya Akan membroadcast secara terus menerus.
  7. SNMP (Simple Network Management Protocol) yaitu protokol standard industri yang digunakan untuk memonitor dan mengelola berbagai perangkat di jaringan internet meliputi HUB,Router,Switch,Workstation dan sistem manajemen jaringan jarak jauh (remote).
  8. TFTP (Trivial File Transfer Protocol) yaitu protocol perpindahan berkas yang sangat sederhana yang didefinisikan pada tahun 1980.

Temuan Permasalahan


Agak sulit bagi saya memahami OSI Layer ini terutama di Network Layer.

Kesimpulan


OSI Layer ini adalah materi yang sangat mendasar untuk lebih memahami jaringan

Daftar Pustaka


Kiranya haya ini yang dapat saya sampaikan Plus Minusnya Mohon Maaf Semoga bermanfaat Sekian & Terimakasih😜😜😜😜😜😜😜😜😜 See You Bye ByeπŸ™ŒπŸ™ŒπŸ™ŒπŸ™ŒπŸ™ŒπŸ™ŒπŸ™Œ

Referensi-Referensi


Wassalamu'alaikum Wr.Wb


By:Malinda Sefia Rengganis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kritik dan Saran :