Thank You For Reading...............

Kamis, 11 Januari 2018

Firewall

Pendahuluan

Assalamu'alaikum Wr.Wb

Latar Belakang 



Pengertian 
Firewall seperti namanya Fire berarti Api Wall Berarti Dinding / Tembok jadi bila digabung menjadi Dinding Api ( Tembok Api) ialah suatu sistem yang dirancang untuk mencegah akses yang tidak diinginkan ke dalam suatu jaringan internal.

 


Firewall bekerja dengan cara melacak dan mengendalikan jalannya data serta memutuskan aksi untuk melewatkan (pass), menjatuhkan (drop), menolak (reject), mengenkripsi atau melakukan pencatatan aktivitas (log) data. Firewall menjamin agar data sesuai dengan aturan (rule) yang terdapat di dalam kebijakan keamanannya (security policy) yaitu seperangkat aturan yang telah didefinisikan di dalam keamanan jaringan internal.
Umumnya,firewall diterapkan dalam sebuah mesin terdedikasi, yang berjalan pada pintu gerbang (gateway) antara jaringan lokal dengan jaringan Internet. Firewall digunakan untuk membatasi atau mengontrol akses terhadap siapa saja yang memiliki akses terhadap jaringan pribadi dari pihak luar.

Maksud & Tujuan
Memahami lebih dalam mengenai Firewall dan bisa mempraktekkan di mikrotik.
Hasil Yang Diharapkan 
Saya berharap agar dapat memahami betul tentang kegunaan firewall..
Alat dan Bahan
Referensi-Referensi Tentang Firewall Baik dari buku,internet maupun sumber lainnya........
Tentang Firewall


Jenis-jenis Firewall
Firewall terbagi menjadi dua jenis, yakni sebagai berikut

Fungsi tembok api

      • Mengatur dan mengontrol lalu lintas jaringan

Fungsi pertama yang dapat dilakukan oleh firewall adalah mengatur dan mengontrol lalu lintas jaringan yang diizinkan untuk mengakses jaringan privat atau komputer yang dilindungi.firewall melakukan hal yang demikian, dengan melakukan inspeksi terhadap paket-paket dan memantau koneksi yang sedang dibuat, lalu melakukan penapisan (filtering) terhadap koneksi berdasarkan hasil inspeksi paket dan koneksi tersebut.
      • Proses inspeksi paket

Inspeksi paket (packet inspection) merupakan proses yang dilakukan untuk 'menghadang' dan memproses data dalam sebuah paket untuk menentukan bahwa paket tersebut diizinkan atau ditolak, berdasarkan kebijakan akses (access policy) yang diterapkan oleh seorang administrator. sebelum menentukan keputusan apakah hendak menolak atau menerima komunikasi dari luar, ia harus melakukan inspeksi terhadap setiap paket (baik yang masuk ataupun yang keluar) di setiap antarmuka dan membandingkannya dengan daftar kebijakan akses. Inspeksi paket dapat dilakukan dengan melihat elemen-elemen berikut, ketika menentukan apakah hendak menolak atau menerima komunikasi:
  • Alamat IP dari komputer sumber .
  • Port sumber pada komputer sumber .
  • Alamat IP dari komputer tujuan .
  • Port tujuan data pada komputer tujuan .
  • Informasi header-header yang disimpan dalam paket .
      • Melindungi sumber daya dalam jaringan privat

Salah satu tugas firewall adalah melindungi sumber daya dari ancaman yang mungkin datang. Proteksi ini dapat diperoleh dengan menggunakan beberapa pengaturan peraturan akses (access control), penggunaan SPI, application proxy, atau kombinasi dari semuanya untuk mengamankan host yang dilindungi supaya tidak dapat diakses oleh host-host yang mencurigakan atau dari lalu lintas jaringan yang mencurigakan. Meskipun demikian, firewall bukan satu-satunya metode proteksi teraman terhadap sumber daya.


Cara kerja Firewall

Firewall berada di antara kedua jaringan seperti internet dan komputer sehingga firewall berfungsi sebagai pelindung. Tujuan utama adanya firewall adalah untuk user yang tidak menginginkan lalu lintas jaringan yang berusaha masuk ke komputer, namun tidak hanya itu saja yang bisa dilakukan tembok api. Firewall juga dapat menganalisis jaringan yang mencoba masuk ke komputer anda, dan dapat melakukan apa yang harus dilakukan ketika jaringan tersebut masuk. Contohnya saja,firewall bisa diatur untuk memblokir beberapa jenis jaringan yang mencoba keluar atau mencatat log lalu lintas jaringan yang mencurigakan.
Firewall bisa memiliki berbagai aturan yang dapat anda tambahkan atau hapus untuk menolak jaringan tertentu. Contohnya saja, hanya dapat mengakses alamat IP tertentu atau mengumpulkan semua akses dari tempat lain untuk ke satu tempat yang aman terlebih dahulu.

Daftar Pustaka
Hanya ini yang dapat saya sampaikan kurang lebihnya mohon maaf.....
Referensi 

Untuk Lebih lengkapnya Klik link dibawah ini :
https://id.wikipedia.org/wiki/Tembok_api

Wassalamu'alaikum Wr.Wb




Malinda Sefia Rengganis








Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kritik dan Saran :