Thank You For Reading...............

Minggu, 31 Desember 2017

The Linux Basic Command

Assalamu'alaikum Wr.Wb

Hai Semua Selamat Pagi !!!! Wihh pada libur ya katanya ada tahun baru!!! oke kawan kali ini meskipun ada libur saya tetap ngeblog lho dan kali ini saya akan membahas mengenai The Linux Basic Command seru ya apa itu??? Perintah dasar linux yah meskipun sudah cukup lama menggunakan linux ternyata saya melewatkan ini....perintah-perintah dasarnya!!! hehehe namanya juga manusia......ok langsung saja ya!!!

Pengertian 

nah apa itu perintah ??? menurut KBBI perintah merupakan perkataan yang bermaksud menyuruh melakukan sesuatu,suruhan.....tetapi kali ini  bukan kita menyuruh seseorang melakukan sesuatu ya tetepi perintah disini adalah perintah yang kita tujukan kepada sistem kita dalam linux namanya terminal begitu kiranya dan terminal disini kita bisa menggetikan perintah tetapi perintahnya harus sesuai / benar karena kalau tidak sesuai maka perintah itu tidak akan berjalan.......



Maksud Dan Tujuan

Lebih memehami dan mengerti apa saja sih perintah-perintah dasar di Linux ini.....

Alat Dan Bahan 

~ Laptop
~ Referensi / Panduan

Jangka Waktu Pelaksanaan 

Sebenarnya sih perintah-perintah dasarnya itu banyak tetapi saya tidak mempelajari semuanya jadi saya juga kurang tau sih jangka waktunya karena saya juga nggak menghitung dan mempelajari sekaligus mempraktekkan perintah dasar ini juga seru lho mari kita lakukan ya.......

Tahapan Pekerjaan

Ok yang pertama masuk ke terminal dulu ya Ctrl + Alt + T


THE LINUX BASIC COMMAND

PERINTAH INFORMASI SISTEM

Oh iya kawan dalam perintah dasar informasi sistem maupun yang lainnya saya hanya akan memberikan beberapa contoh saja ya tetapi beserta gambarnya......karena jika saya menuliskan semuanya pasti jenuh tak ada gambarnya toh di internet juga banyak perintah-perintahnya jadi tinggal dipraktekin aja........

  • $ arch                        ~ Melihat arsitektur mesin
  • $ cal 2000             ~ Melihat Tabel Kalender tahun 2000
  • $ cat /proc/cpuinfo    ~ Menampilkan Informasi CPU
  • $ cat /proc/mounts  ~Menempilkan Filesystem yang termuat
  • # dmidecode -q        ~ Menampilkan Komponen-komponen perangkat keras dari sistem
PEMBUKTIAN

$ arch

$ cal 2000



$ cat/proc/cpuinfo

$ cat /proc/mounts

# dmidecode -q 
ingat masuk ke super user ya!!
dan kali ini sangat banyak keluaran atau saya sebut output gitu aja lah dan ini sudah saya persingkat ya !!!
 

ini baru perintah informasi sistem ya....masih banyak yang lain dan disini saya juga nggak terlalu banyak memberikan contoh...

MATIKAN,MULAI ULANG DAN KELUAR DARI SISTEM 

Nah pada kali ini tidak ada pembuktiannya ya gaes,,,,kalian bisa coba sendiri saja!!!!


# init 0 matikan sistem, matikan komputer 
# logout keluar dari sesi 
# reboot memulai ulang sistem linux anda 
# shutdown -h now mematikan komputer 
# shutdown -h 16:30 & menjadwalkan saat sistem dimatikan 
# shutdown -c membatalkan mematikan sistem yang telah dijadwalkan 
# shutdown -r now memulai ulang sistem linux anda 
# telinit 0 mematikan sistem 

Hasil Yang Didapatkan

Meskipun sedikit tetapi ini ilmu juga ya....

Temuan Permasalahan 

Masih banyak perintah yang belum di pelajari

Kesimpulan

Perintah dasar linux ini sangat penting menurut saya....mengapa saya berkata demikian??? karena perintah dasar linux ini membantu saya ketika laptop saya tidak bisa masuk ke dekstop linuxnya karena filesystemnya terlalu penuh dan akhirnya satu teman saya membantu saya untuk menyuruh masuk ke cli dan ingat  perintah dasar linux remove yang tidak penting pasti banyak download ya ?? gitu lah dan akhirnya berhasil juga meskipun lama.....karena saya tellme....jadi kesimpulannya perintah dasar linux ini penting gitu aja.......

Daftar Pustaka

Semoga bermanfaat ya gaes saya nggak bisa ngetik banyak banyak lho soalnya udah banyak dimana-mana ada sekian dan terimakasih....

Referensi 



Wassalamu'alaikum Wr.Wb


By : Malinda Sr

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kritik dan Saran :