Thank You For Reading...............

Selasa, 13 Februari 2018

Bandwith And Troughput

Pendahuluan
 
Assalamualaikum wr.wb
Dalam kesempatan kali ini saya akan sedikit memberi informasi mengenai apa itu bandwidth dan apa ituThroughput .

-Pengertian

Bandwidth adalah suatu ukuran dari banyaknya informasi atau data (bit) yang dapat dikirim dari suatu tempat ke tempat lain dalam satu detik .
 Troughput adalah bandwidth yang sebenarnya atau aktual, diukur dengan satuan waktu tertentu dan pada kondisi jaringan tertentu yang digunakan untuk melakukan transfer file dengan ukuran tertentu juga.

-Latar belakang
      Internet sudah tidak asing lagi pada zaman ssekarang ini . Hampir semua orang di dunia mengenal yang namanya internet , dan yang paling sering dicari adalah informasi dll . Apalagi internet bisa memudahkan orang untuk berkomunikasi jarak jauh .  
Di dalam internet terdapat istilah Bandwidth dan troughput yang akan dijelaskan dibawah ini .

-Maksud dan tujuan
Dapat mengetahui pengertian bandwidth dan Throughput.

Alat dan bahan
N/A

Pembahasan

BANDWIDTH

Bandwidth bisa digunakan untuk mengukur aliran data analog maupun aliran data digital.
Satuan yang digunakan dalam Bandwidth adalah bps atau bit per second. Dikehidupan kita sehari-hari kita sering mendengar bahwa pengertian dari Bandwidth Internet adalah sebuah batas maksimal kecepatan yang diberikan oleh sebuah ISP atau sebuah Penyedia jasa layanan Internet kepada kita. Dapat diibaratkan sebuah pipa yang dilalui oleh air, jika ukuran pipa tersebut semakin besar maka air yang dikirim pun akan semakin besar pula.
Pada sebuah jaringan komputer Bandwidth terbagi menjadi 2 yaitu Bandwidth Digital dan Bandwidth Analog. Berikut adalah penjelasan masing - masing Bandwidth tersebut:
  1. Bandwidth Digital adalah jumlah atau volume suatu data (dalam satuan bit per detik/bps)yang dapat dikirimkan melalui sebuah saluran komunikasi tanpa adanya distorsi.
  2. Bandwidth Analog merupakan perbedaan antara frekuensi terendah dan frekuensi tertinggi dalam sebuah rentang frekuensi yang diukur dalam satuan Hz (hertz) yang dapat menentukan banyaknya informasi yang dapat ditransmisikan dalam suatu saat.

THROUGHPUT

Jika misal bandwidth Anda yang Anda ketahui adalah sebesar 64 kbps, lalu Anda ingin mendownload file dari Internet berukuran 128 kb, seharusnya file tersebut sudah sampai ke komputer Anda hanya dengan waktu 2 detik (128/64), namun apa yang terjadi, file tersebut tiba di perangkat kita dalam waktu 8 detik. Jadi bandwidth yang sebenarnya adalah 128kb/8 detik = 16 kbps.

. Faktor-faktor yang mempengaruhi bandwidth dan throughput

Berikut adalah faktor-faktor yang mempengaruhi bandwidth dan throughput :
  1. piranti jaringan
  2. Tipe data yang ditransfer
  3. topologi jaringan
  4. banyaknya pengguna jaringan
  5. spesifikasi komputer client/user
  6. spesifikasi komputer server
  7. media transfer

Perbedaan antara bandwidth dan throughput berdasarkan contoh

Kalau Bandwidth banyaknya ukuran suatu data atau informasi yang dapat mengalir dari suatu tempat ke tempat lain, sedangkan Troughput adalah bandwidth yang sebenarnya (aktual) yang diukur dengan satuan waktu tertentu dan pada kondisi jaringan tertentu yang digunakan untuk melakukan transfer file dengan ukuran tertentu.
Contohnya seperti :
Bandwidth
Mengirim pesan dari satu HP ke HP lain
Troughput
Download file di youtube dengan size 2Mb dengan bandwidth 1 Mb dengan waktu tertentu


Hasil yang didapatkan
lebih memahami apa itu bandwidth dan apa itu throughput

Permasalahan
N/A
Rferensi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kritik dan Saran :