Thank You For Reading...............

Senin, 26 Maret 2018

How To Create Command Alias In Terminal Linux Mint 18.1 ---- 1 Hari Terakhir Di BLC Telkom Klaten

Assalamu'alaikum Wr.Wb

Selamat siang gaes para pengunjung blog malindasr.ml semoga selalu sehat ya ok gaes kali ini saya akan memposting bagaimana cara membuat command alias di terminal linux mint serena 18.1.....

Latar Belakang
Tak terasa ya gaes 3 bulan sudah waktu ini berjala begitu cepatnya hingga sampai-sampai saya sudah hampir purna pklnya huh yaampun banyak ya pengalaman yang didapat sungguh tak kan terlupakan hal ini....

Pengertian

Command alias ialah perintah pengganti untuk menggantikan perintah yang lain tetpi perintah yang lain masih dapat digunakan dan disini singkat saja saya akan memberikan contoh perintah ping 8.8.8.8 menjadi pink singkat saja hanya 1 contoh yang lain bisa kalian coba ya....

Alat dan Bahan

Laptop dengan os yang ada terminalnya saya menggunakan linux mint serena 18.1

Jangka Waktu Pelaksanaan

tak lebih dari 5 menit

Proses tahapan pekerjaan

1. Masuk ke terminal Ctrl + Alt + T >> Masuk ke root >> nano .bashrc >>  tambahkan baris paling bawah alias pink = 'ping 8.8.8.8' >>Ctrl + X , Y Enter >> reboot >> coba cek di terminal pink tanpa 8.8.8.8 pasti bisa ttl jika ada koneksinya



Hasil yang didapatkan

Perintah default selain ping 8.8.8.8 dapat juga dialiaskan seperti traceroute juga bisa dll....

Kesimpulan

dapat lebih mudah mengetikkan perintah di linux dengan command alias yang kita buat sendiri....

Referensi
 Ada temen saya gaes yang sharing didepan makasih rio oblax

Daftar Pustaka
Sekian yang dapat saya sampaikan oh iya maaf ya jika selama ini saya jika ngeblog alay pokoknya terimaksaih untuk semua untuk temen-temen blc yang selalu bantuin saya jika saya nggak bisa dan selalu nemenin saya semuanya saja lah untuk Ruli Nofya Sari Juga maksih ya lai ...

Wassalamu'alaikum Wr.Wb



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kritik dan Saran :