Thank You For Reading...............

Selasa, 23 Januari 2018

SOP (Standart Operating Procedure)....

Pendahuluan

Assalamu'alaikum Wr.Wb

Pengertian

Menurut Tjipto Atmoko SOP (Standart Operasional Prosedur) merupakan suatu acuan atau pedoman untuk melaksanakan tugas pekerjaan sesuai dengan fungsi dan alat penilaian kinerja instansi pemerintah berdasarkan indikator-indikator teknis,administratif,dan prosedural sesuai tata kerja,prosedur kerja dan sistem kerja pada unit kerja yang bersangkutan.


Latar Belakang

Jaman semakin lama semakin berkembang dan semakin maju seiring berkembangnya jaman maka berubah pula pola pikir dari setiap orang yang kini mulai modern sehingga melupakan betapa pentingnya SOP itu dalam DU/DI.

Maksud dan Tujuan

Memahami dan mengerti arti penting dari SOP didalam DU/DI.

Hasil yang diharapkan 

Semoga saya bisa mengambil kesimpulan dari apa yang saya pelajari ini dan semoga saya juga bisa menerapkan pula dalam kehidupan di DU/DI.

Jangka waktu pelaksanaan kegiatan
Kurang lebihnya 2 jam  

Materi

Nah sudah jelas bahwa di post kali ini saya akan mempelajari sedikit mengenai SOP (Standart Operasional Prosedur) yang meliputi manfaat,tujuan maupun fungsi dari SOP dan yang lainnya.

1./ Manfaat Standart Operasional Prosedur
  • Sebagai standarisasi cara yang dilakukan pegawai dalam menyelesaikan  pekerjaan yang menyelesaikan tugasnya.yang dimaksud disini adalah dengan adanya SOP dapat mengetahui apakah cara yang dilakukan seorang pegawai ini sesuai atau tidak.
  • Mengurangi tingkat kesalahan dan kelalaian yang mungkin dilakukan oleh seorang pegawai dalam melaksanakan tugas.nah dengan adanya sop ini membantu agar kita terhindar dari kesalahan.
  • Membantu pegawai menjadi lebih mandiri dan tidak bergantung pada intervensi manajemen.Hal ini akan mengurangi keterlibatan pemimpin dalam melaksanakan tugas artinya seorang pegawai itu dapat melaksanakan apa yang harus dilakukan atau bisa disebut juga dapat dipercaya.
  • Memberikan informasi dalam upaya peningkatan kompetisi pegawai.serta
  • Memberikan informasi mengenai beban tugas yang dipikul oleh seorang pegawai dalam melaksanakan tugasnya.nah dua hal ini saling berkaitan dengan adanya sop ini pegawai menjadi tahu apa saja yang harus dikerjakan,dan hambatan apa yang akan dihadapi dalam pekerjaan itu.
2./ Tujuan Standard Operating Prosedure (SOP)
  •  Agar petugas/pegawai menjaga konsistensi dan tingkat kinerja petugas/pegawai atau tim dalam organisasi.SOP ini bertujuan agar petugas/pegawai dapat menjaga konsistensi atau kepercayaan yang diberikan oleh pimpinannya dalam melaksanakan tugasnya.
  • Untuk menghindari kegagalan/kesalahan,keraguan dan duplikasi.
  • Melindungi organisasi/unit kerja dan petugas/pegawai dari malpraktek atau kesalahan administrasi lainnya.
  • Agar mengetahui dengan jelas peran dan fungsi tiap-tiap posisi dalam organisasi.
3./  Fungsi Standard Operating Prosedure
  • Memperlancar tugas pegawai.
  • Sebagai dasar hukum bila terjadi penyimpangan.
  • Mengetahui dengan jelas hambatan-hambatannya dan mudah dilacak.
  • Mengarahkan pegawai untuk sama-sama disiplin.
  • Sebagai pedoman dalam melaksanakan pekerjaan rutin.
 Hasil yang didapatkan :

Mengetahui bahwa ternyata SOP ini sangat penting dalam DU/DI.

Temuan permasalahan :
:>

Kesimpulan :

SOP ini sangat penting dalam DU/DI maka kita harus menjaga Etika kita dalam bekerja karena percuma jika kita mempunyai skill tetapi tidak mempunyai etika dalam bekerja itukan sama aja b0ong.

Referensi :

buku SOP.pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kritik dan Saran :