Thank You For Reading...............

Rabu, 24 Januari 2018

VLAN.............


Assalamu’alaikum Wr.Wb

Pengertian

VLAN (Virtual LAN) merupakan sekelompok perangkat pada satu LAN atau lebih yang dikonfigurasikan (menggunakan perangkat lunak pengolahan) sehingga dapat berkomunikasi bila perangkat tersebut terhubung ke jalur yang sama,padahal sebenarnya perangkat tersebut berada pada sejumlah segmen LAN yang berbeda.

Latar Belakang

Vlan dibuat dengan menggunakan jaringan pihak ke tiga. VLAN merupakan sebuah bagian kecil jaringan IP yang terpisah secara logik. VLAN memungkinkan beberapa jaringan IP dan jaringan-jaringan kecil (subnet) berada dalam jaringan switched yang sama. Agar computer bisa berkomunikasi pada VLAN yang sama, setiap computer harus memiliki sebuah alamat IP dan Subnet Mask yang sesuai dengan VLAN tersebut. Switch harus dikonfigurasi dengan VLAN dan setiap port dalam VLAN harus didaftarkan ke VLAN. Sebuah port switch yang telah dikonfigurasi dengan sebuah VLAN tunggal disebut sebagai access port.

Maksud dan Tujuan

Mengenal dan memahami tentang VLAN.

Hasil Yang Diharapkan

Dapat mempraktekkan dengan mikortik ataupun Cisco.

Alat dan Bahan


Referensi tentang VLAN dari berbagai sumber.

Jangka Waktu Pelaksanaan

Kurang lebih 2-3 jam.

Materi




Sebuah VLAN memungkinkan seorang Administrator untuk menciptakan sekelompok peralatan yang secara logic dihubungkan satu sama lain.VLAN memungkinkan administrator jaringan mengelompokkan host bersama meskipun host tidak terhubung langsug ke switch jaringan yang sama. Karena kenggotaan VLAN dapat dikonfigurasi melalui perangkat lunak.Tanpa VLAN,pengelompokan host sesuai dengan kebutuhan sumber daya akan memerlukan tenaga kerja untuk memindahkan node atau menghubungkan kembalu data.VLAN memungkinkan jaringan dan perangkat yang harus dipelihara terpisah untuk berbagi pemasangan kabel fisik yang sama tanpa berinteraksi dalam meningkatkan kesederhanaan,keamanan,manajemen lalu lintas atau ekonomi.misalnaya, VLAN dapat digunakan untuk memisahkan lalu lintas dalam bisnis karena pengguna,dan karena administrator jaringan atau antara jenis lalu lintas sehingga pengguna atau lalu lintas berprioritas rendah tidak dapat secara langsug mempengaruhi fungsi jaringan lainnya.

Untuk membagi jaringan menjadi VLAN,satu mengkonfigurasi peralatan jaringan.peralatan yang lebih sederhana dapat hanya partisi per port fisik.dalam hal ini setiap VLAN terhubung dengan kabel jaringan khusus.

Penggunaan

VLAN menangani masalah seperti skalabilitas,keamanan dan manajemen jaringan.VLAN juga dapat membantu membuat beberapa lapisan 3 jaringan pada satu infrastruktur fisik.
VLAN dapat digunakan untuk mempartisi jaringan lokal menjadi beberapa segmen berbeda,misalnya : 

1./ Production

2./ VOIP (Voice Over IP)

3./ Network Management

4./ Storage Area Network 

5./ Guest Internet Access

6./ Client separation (ISP)

Hasil Yang Didapatkan

Mengetahui meskipun hanya sedikit mengenai VLAN.

Temuan Permasalahan

Kurang memahami tentang kegunaan VLAN.

Kesimpulan

VLAN merupakan domain broadcast yang dipartisi dan diisolasi di jaringan komputer pada lapisan data link (Layer 2 OSI ).

Referensi



Daftar Pustaka

Semoga Bermanfaat……….:_;-;-;-



Wassalamu’alaikum Wr.Wb



BY : Malinda Sefia Rengganis



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kritik dan Saran :