Thank You For Reading...............

Senin, 26 Februari 2018

Installasi WPS (Writer,Presentations and Spreadsheet Office) untuk Linux 64-bit


Assalamu’alaikum Wr.Wb



   INSTALLASI WPS OFFICE ON LINUX 64-BIT




Latar Belakang

Hai Gaes selamat malam bertemu lagi dengan saya Malinda Sefia Rengganis (Malinda Sr)
Di TKJ Blog gimana kabarnya kalian??? Semoga aja sae sae mawon ya!!!! 
Di post saya kali ini saya akan memberikan pengertian sedikit mengenai WPS Office dan bagaimana
sih cara installnya pula mari kita bahas bersama!!!!

Pengertian 

Sebenarnya apa sih itu WPS Office namanya aja udah WPS yang berarti (Writer,Presentation dan Spreadsheets) yang mulanya disebut Kingsoft Office yaitu sebuah paket aplikasi perkantoran untuk 
Microsoft Windows,Linux IoS maupun Android OS yang dikembangkan oleh pengembang perangkat 
lunak dari Tiongkok yang berbasis di Zhuhai, yaitu Kingsoft. WPS Office merupakan sebuah paket 
aplikasi perkantoran yang terdiri dari tiga komponen utama: WPS Writer, WPS Presentation, and 
WPS Spreadsheet.

Maksud dan Tujuan 

Gini gaes Tujuan saya mempost ini adalah untuk berbagi ilmu pada semua saja ya....karena kan tak 
ada salahnya juga to saling berbagi ilmu itu biar semua juga bisa lalu kenapa harus WPS nggak yang 
lainnya aja ya sebenarnya sih nggak harus WPS sih kalo setiap kali saya menemukan satu ilmu pasti 
akan saya postkan di blog saya kan biar sama-sama tau jadi kan saling berbagi dan yang paling penting ilmu jika dibagikan juga nggak akan 
berkurang.....nanti biar saya nggak lupa juga sih yasudah langsung aja ya Check to the point...

Hasil yang diharapkan

Semoga saja install WPS kali ini berhasil.....jujur saja ya saya sudah berkali-kali install tapi gagal dan ini yang terakhir jika gagal saya tak akan coba lagi.....

Alat dan Bahan

~ Laptop/PC 

~ Jangan lupa mesti ada koneksi internet lho ya

~Itu aja deh simple kan

Jangka waktu Pelaksanaan

10-30 Menitan lah tergantung kecepatannya......

Proses Tahapan Pekerjaan atau Proses Installasi

1./ Buka terminal linux Biasa Ctrl+Alt+T





2./ Untuk mengunduh repositorynya Ketikkan perintah cd && wget -O wps-office.deb http://kdl.cc.ksosoft.com/wps-community/download/a21/wps-office_10.1.0.5672~a21_amd64.deb. Tunggu ya sampai 100% aja gak usah banyak-banyak harus sabar tergantung kecepatan koneksinya mungkin kalu koneksinya lambat bisa sampai 
40/50 menitan jadi harus sabar......





3./ install dpkg wps linux dengan perintah sudo dpkg -i wps-office.deb






4./ Setelah itu baru install wps officenya sudo apt-get -f install && rm wps-office.deb






5. / Lalu unduh Font atau fiturnya  wget -O web-office-fonts.deb’ http://kdl.cc.ksosoft.com/wps-community/download/fonts/wps-office-fonts_1.0_all.deb'




 











6./ Dan langkah akhir install dpkg untuk fitur wpsnya dengan mengetikkan perintah sudo dpkg -i web-office-fonts.deb





7./ Proses installasi sudah selesai gaes coba cari di menu ini sudah berhasil terinstall




8./ Ya itu benar gaes sudah terinstall coba klik nanti akan muncul pemberitahuan seperti dibawah ini


 Klik I Accept yang berarti Saya Setuju

9./ Lalu akan ada pemberitahuan lagi apakah ingin meng update atau tidak jika ya klik ok jika tidak klik cancel mudah kan....


10./ Dan masih Load seperti ini tinggal klik + (new) aja disampingnya



11./ Setelah itu tinggal gunakan



Hasil Yang Didapatkan

AKhirnya kali ini berhasil saya nginstallnya tergantung amal dan ibadah kali ya hheheh mungkin karena dulu kurfok kali ya dan ini juga saya bisa bikin laporan pake WPS nih.....

Temuan Permasalahan

Kenapa ya  dulu kok saya nginstall nggak berhasil berhasil tetapi sekarang berhasil...... Aneh juga ya trus ada lagi kan sudo itu untuk masuk ke super user padahal saya sudah masuk pada super user/root tapi tetep saya nginstallnya pake perintah sudo juga nggak berpengaruh tuh nyatanya berhasill.......

Kesimpulan 

Selain Microsoft word dan Libre Office ternyata masih ada aplikasi yang tak jauh bebreda ya seperti WPS Office ini ya tentunya masih banyak juga lah ya.......

Daftar Pustaka

Sekian Dan Terimakasih ya Semoga bermanfaat sampai jumpa lagi besok Alias See YOu Bye bye!!!!!!!!!


Referensi

TANPANYA AKU TAK BISA MENGINSTALL WPS

https://www.migrasilinux.or.id/cara-install-wps-office/


Wassalamu'alaikum Wr.Wb




By: Malinda Sefia Rengganis

3 komentar:

  1. Ini gimana boor gak mau di saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin ada yang salah kali ???? saya install aja berhasil lho itu buktinya diatas

      Hapus

Kritik dan Saran :