Thank You For Reading...............

Sabtu, 24 Februari 2018

The Basic Installation Of FreeBSD By Oracle VM VirtualBox

Assalamu'alaikum Wr.Wb


Selamat malam semua bertemu dengan saya lagi  bagaimana kabarnya??? semoga baik baik saja oke dipost kali ini saya akan membahas tentang Installasi dasar FreeBSD The Basic Installation Of FreeBSD menggunakan Oracle VirtualBox or Virtual Machine kan biasanya menginstall debian server nah kali ini FreeBSD gaes whaa bagaimana ya kira-kira??? ini salah satu  something yang saya temukan pada hari training FreeBSD waktu itu lantas mengapa baru saya post hari ini??? ya mohon pengertiannya lah gaes waktu itu charger rusak terus udah jadi eh laptopnya gantian yang rusak hadehhh!!!! itu alasan apa karena saya nggak punya materi buat blog heleh ya dua-duanya sih gaes jujur aja deh eh malah curhat abaikan lah gaes.......ok karena FreeBSD sudah saya singgung sedikit di post saya yang sebelumnya maka yang kali ini sebut aja implementasinya ya!!!!

Pengertian 

Jujur ya gaes saya tuh bingung mau saya isi apa coba ini orang FreeBSD udah ada di latepost trus gimana ini??? yaudah deh dari pada bingung saya isi seadanya aja ya check to the point

Kita installasi FreeBSD menggunakan VM or VirtualBox What Is??? VirtualBox or VM itu sendiri adalah perangkat lunak virtualisasi, yang dapat digunakan untuk mengeksekusi sistem operasi "tambahan" didalam sistem operasi "utama"....maksudnya apa sih???? sistem operasi dalam sistem operasi ??? ya boleh lah dikatakan seperti itu ya kunci utamanya cukup baca ya gaes budayakan membaca begitu karena "The Power Of Baca" wkwkwk biar gak spaneng gaes gini lho sebuah perumapamaan saja semisal saya menggunakan Sistem Operasi Linux  nah saya juga bisa menggunakan sistem operasi lain misal FreeBSD nah ini dapat menggunakan VM ini gaes faham??? ya untuk lebih memahaminya nanti akan saya lebih detail kan lagi!!!!

Latar Belakang 

VirtualBox pertama kali dikembangkan oleh perusahaan Jerman  (Innotek GmbH) pada tahun 2008 dan diakui oleh Sun Microsystem dan menjadi milik Oracle makannya namanya Oracle VM VirtualBox What Is The Function Of VirtualBox Or VM??? markibasma alias mari kita bahas bersama !!!! alay ya biarkan lah kan udah jaman now jadi little little harus bisa bahasa inggris kan abaikan ya gaes gappen !!!! 



Ok gaes The Function Of VM Kan sudah dijelaskan diatas bahwa VirtualBox or Virtual Machine yang artinya mesin Virtual atau simulasi atau juga percobaan. gitu lah dan telah dijelaskan dapat menjalankan sistem operasi lain tanpa merubah ataupun merusak sistem operasi utamanya gini lho gaes implementasinya semisal ada temen kalian yang mulanya menggunakan Sistem Operasi Windows nah dia ingin mencoba yang lain atau ingin langsung Install Sistem Operasi Linux misalnya tapi dia ragu-ragu nih gimana kalo gak bisa akhirnya dia bingug install nggak install nggak lha ini kesempatan kalian nih tuk jadi pahlawan kesiangan tinggal bilangin aja "Nggak usah bingung bro makannya always up to date dong kan udah jaman now pake ni software VirtualBox or Virtual Machine nanti kan bisa coba-coba dulu dan pelajari toh nati SO utamamu ngga bakal hilang dan setelah kamu bisa kamu bisa install kan sambil belajar"oh iya jangan lupa kasih ISO nya gaes kalo mau nolong........Hanya sebagai contoh saja lho gaes.....
Lalu SO yang dapat menjalankan Virtual Machine itu apa saja sih ??? hadeh serasa semua bisa deh mulai dari Linux,FreeBSD ataupun Windows Dkk nya lah.......


Maksud Dan Tujuan

The Basic Installation Of FreeBSD Use Oracle VM VirtualBox

Hasil Yang Diharapkan 

Can Understand The Basic Installation  Of FreeBSD By Using Oracle VM VirtualBox,and can Understand The Function Of VM.

Alat Dan Bahan

Cukup 1 pc/laptop yang terdapat software Vbox nya dan jangan Lupa ISOnya kan disini kita akan installasi FreeBSD maka ISO nya juga FreeBSD bukan Ubuntu.......

Jangka waktu pelaksanaan kegiatan 

Kurleb 30 menitan ya tergantung RAM dan Processor!!!!

Proses Tahapan Pekerjaan

Langsung aja ya gaes The Basic Installation Of FreeBSD started!!! In Indonesian Bahasa aja ya gaes!!!


1.Buka Oracle VM VirtualBoxnya 
gaes dan Klik New ya!!!!!!! 




2. Setelah New kasih nama,Type and Version 
lalu Next



3. Masukkan Memory size or ukuran memory sebagai contoh 
saya kasih 512 lalu 
Next >lagi




4.Untuk Harddisk Buat secara Virtual 
(Create a Virtual hard disk now)
Create


5.Nah ini pembuatan Virtual Hard Disk nya pilih
 VDI (VirtualBox Disk Image)
Next>




6.Alokasikan secara Dinamic 
Dynamically allocated
Next >



7.Masuk ke File>Preferences lalu
ke Host-Only Networks
Ok 



8.Masuk ke menu settings > Storange >
empty/icon cd tambahkan ISO nya >l
lalu Ok


9.Ke Network ~ Adapter 1 ceklist enable Network Adapter ~ 
Attached to ~ Host-only Adapter ~ Klik ^ Advanced 
~ Ganti modenya jadi Allow All ~ Ok ~ 
Langsung start ya gaes...



10.Setelah di start muncul seperti gambar langsung enter

  
Tunggu ya gaes



11.Install > Langsung
Enter aja




12.Select > Enter



13.Tambahkan nama Hostname Machine bebas ya
 karena saya namanya malinda sebagai  
contoh malinda.blctelkom.id 
 < Ok > enter




14.Untuk Distribution kita tidak menggunakan ports
jadi ports nya dihilangkan dengan spasi 



lalu <Ok>



15.Untuk Partisi Disks pilih 
Auto(UFS) 
< Ok >



16.Gunakan Seluruh Disk 
Pilih Entrie Disk
Enter



17.Pilih skema partisi Volume 
Example BSD label
<Ok>Enter




18.Setelah itu cek jika sudah yakin 
langsung <Finish> enter



19.Akan ada konfirmasi lalu 
Commit/lakukan
Enter


Tunggu ya gaes 




20.Nah setelah selesai kita disuruh memasukkan password 
untuk masuk/login kalo saya rahasia1 ya
Retype password nya
lalu enter



21.Dan akan dialihkan untuk pemilihan 
interface jaringan <Ok> enter



22.Konfigurasi IPV4 untuk antarmuka
atau interface <Yes>



23.Gunakan Interface DHCP 
<Yes>


Tunggu ya kalau bahasa saya request DHCP



24.Nah kita akan ditanya lagi apakah kita akan 
menggunakan IPV6 untuk antarmuka
Nggak usah ya
<No>



25.Pastikan Kosong ya jangan diisi jika ada isinya 
atau diisi maka nggak jadi DHCP dong
Enter aja



26.Pilih Wilayah saya ada di Indonesia sekarang 
jadi pilih Asia



27.Pilih Wilayah Negaranya kebetulan saya 
masih di Indonesia


28.Lalu pilih daerahnya mana??? Kebetulan juga saya 
masih di Jawa lho


29.Dan ada pemberitahuan apakah WIB waktu yang disetel ??
<Yes>



30.Untuk ini skip aja ya



31.Pilih sshd dan dumdev untuk 
system configuration
<Ok>



32.Pilih paling bawah ya untuk System Pengerasan
artiin sendiri ya!!!



33.Ok langsung saja install system


34.Nah Tinggal isi ini ya


kalo password yang ini untuk masuk ke root nya

35.Step akhir terapkan konfigurasi dan keluar dari installan



36.Untuk konfigurasi manual jangan aja ya
<No>



37.Langsung reboot ya ok sambil proses klik kanan 
gambar cd dan remove 



38.Yaudah tinggal login aja masukkan 
username dan passwod login 



Hasil Yang Didapatkan

Dapat mengetahui installasi dasar FreeBSD meskipun ada kendala...

Temuan Permasalahan

Ternyata dalam installasi ini saya juga menemukan beberapa masalah yang pertama saya kurang paham pengisian password login dan password Super User ini bisa saya pelajari lagi  dan permasalahan kedua saya sudah mendapat ip dhcp tetapi mengapa tidak bisa diremote menggunakan ssh nah ini permasalahan yang belum saya temukan solusinya.....

Kesimpulan Yang didapatkan

Mungkin apa yang saya tuliskan pada langkah-langkah The Basic Installation Of FreeBSD kelihatannya terlalu banyak langkahnya tetapi sebenarnya tidak sullit jika kita memahami dan mempraktekkannya secara langsung dan tinggal tekan enter,tab,yes dan no...

Referensi 


Daftar Pustaka 


Sekian dan terimaksih dari saya semoga bermanfaat plus minus nya saya mohon maaf yang sebsar-besarnya...



Wassalamu'alaikum Wr.Wb


By:Malinda Sefia Rengganis.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kritik dan Saran :