Thank You For Reading...............

Senin, 19 Februari 2018

Memblokir 2 situs sekaligus menggunakan firewall Layer 7 Protocol

Assalamu'alaikum Wr.Wb




Latar Belakang

Selamat malam semua disini saya akan membuat blog mengenai bagaimana cara untuk memblokir 2 situs sekaligus menggunakan firewall,,,,untuk firewall sendiri telah saya jelaskan sedikit di post saya yang sebelumnya yang tanggal 11 januari itu mengenai firewall dan pada tanggal 17 januari juga ada itu tentang memblokir menggunakan firewall tetapi hanya 1 situs kali ini 2 situs sekaligus dan cara setnya pun tak jauh berbeda kok dan untuk yang kali ini saya sudah setting hotspot di mikrotiknya (mikrotik nya dipinjemin temen biasa gak modal) πŸ˜›πŸ˜›πŸ˜›πŸ˜›πŸ˜›πŸ˜›πŸ˜›πŸ˜›tapi tenang aja nggak harus setting hotspot ya yang penting tersambung lah mikrotiknya.....

Pengertian

Nah ini kebalik ya antara latar belakang dan pengertian seharusnya pengertian dulu ya tapi tak apa lah......nah mengenai pengertian firewall ya sama seperti yang saya tuliskan diatas tadi udah saya singgung di post saya tanggal itu liat di blog archive ,,,,,ya intinya sih firewall itu digunakan untuk security atau keamanan atau bisa disebut juga untuk melindungi dari seorang yang tidak meyakinkan / tidak terpercaya gini langsung aja untuk melindungi dari situs yang kurang baik gitu ok langsung aja ya kebanyakan cerita ini mahhhπŸ˜•πŸ˜•πŸ˜ƒπŸ˜ƒπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚................

Maksud Dan Tujuan

Sudah jelas untuk mendalami ternyata dalam firewall L7 Protocol dapat memblokir 2 situs sekaligus...😦😦😦😦😦😦

Hasil Yang diharapkan

Dapat memblokir situs2 yang kurpan dan jika sudah bisa menguasai semoga tidak menyalahgunakannya tetapi menggunakannya untuk hal yang positif.....

Alat Dan Bahan

- Kabel LAN untuk menyambungkan dari Switch dengan Mikrotik eth1 (1),,,untuk menyambungkan Mikrotik eth2 (1) dengan laptop/komputer..... jadi saya hanya butuh 2 kabel LAN.
-  Laptop / PC / Komputer
- Mikrotik 1 aja kebetulan saya dipinjemin temen
- Laptop 1 juga kebetulan saya yang minjem jadi ini saya settingnya ber2

Jangka Waktu Pelaksanaan Kegiatan

Kurang dari 1 jam untuk setting Firewall L7 Protocolnya tapi untuk setting hotspotnya jangan tanya ya..........tapi sudah saya kata tak harus setting hotspot....

Proses Tahapan Pekerjaan 

Oh iya jangan lupa kasih identitas pada mikrotiknya ya agar tak lupa ini saya dan temen saya kasih nama mikrotik ruma....caranya masuk ke System Identity dan kasi nama lalu apply ok






Nah langsung aja setting Firewall L7 Protocolnya

1. Masuk ke IP~Firewall




2.Kan uda masuk ke Firewall ~ Layer 7 Protocol ~ + ~ Name Shop online (sebagai contoh saja anda bisa yang lain lah).... ~ tambahkan script situs yang akan diblokir untuk contoh ^.+(tokopedia.com|facebook.com).*$ jadi langsung 2 sekaligus ya gaes....jangan lupa untuk apply ~ ok lebih jelasnya look at picture!!!!!




3.jadi seperti ini




4.Masih di menu Firewall hanya bergeser saja ke Filter Rules ~ General ~ isikan Pada Chain ~ Forward



Geser dikit aja ya langsung ke Advanced ~ Isikan pada Layer 7 Protocol nama tadi Shop online tadi lho




5.Kali ini yang terakhir deh tinggal geser 1 lagi ke action ~ Drop ~ Apply ~ Ok




Jadi kaya gini gaes..........

  
6.Nah yang terakhir cek dibrowser web yang kita blok tadi pasti akan muter muter terus tunggu aja kalo bisa ya gak akan bisa lah namanya sudah diblokir lihat gambar (tokopedia.com) dan (facebook.com)





toh semisal bisa muncul klik aja linknya bakal muter muter aja 



 Hasil yang didapatkan 

Ternyata memblokir situs menggunakan firewall layer 7 protocol itu tidaklah sulit jika kita mencoba bahkan bisa 2 situs sekaligus......


Temuan Permasalahan

Nah memblokir situs menggunakan firewall layer 7 protocol 2 situs sekaligus itu bisa lalu bagaimana dengan 3 situs bahkan 4 atau 5 situs sekaligus coba sobat praktekkan sendiri karena saya juga belum mencoba jadi gak tau deh bisa apa enggak.....lain kali akan saya coba deh......


Daftar Pustaka

Sekian dan Terimakasih.....Semoga Bermanfaat Tunggu post saya yang lainnya ya jangan sampai ketinggalan ya see ypu bye bye udah pagii nih lain kali lagi ya da da...............

Referensi 

Ada banyak lah diinternet cari hal yang positif diinternet ya!!!!!!!!!!


Kesimpulan

Dengan adanya firewall kita dapat memblokir situs yang sekiranya betrbahaya atau tak layak untuk dipertontonkan di medsos atau jejaring sosial ini yang apalagi diketahui oleh publik atau banyak orang....



Wassalamu.alaikum Wr.Wb



By: Malinda Sefia Rengganis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kritik dan Saran :