Thank You For Reading...............

Selasa, 06 Maret 2018

EoIP Tunnel

Assalmu'alaikum Wr.Wb

Selamat malam gaes berjumpa lagi dengan saya Malinda Sr yang kali ini akan mempost apa yang telah dilakukan hari ini ok gaes hari ini saya konfigurasi EoIP tunnel bersama teman saya yang bernama Lisa atau kerab dipanggil dengan sebutan ica ok check to the point gaess....tancap gass

Pengertian

EoIP atau Ethernet Over IP merupakan Ethernet over Internet Protokol (EoIP), Merupakan protocol pada Mikrotik RouterOS yang berfungsi untuk membangun sebuah Network Tunnel antar MikroTik router di atas sebuah koneksi TCP/IP....

Latar Belakang 


Contoh sebuah implementasi saja ya gaes .... EoIP Tunnel ini digunakan untuk pada sebuah perusahaan memiliki kantor cabang .... biasanya perusahaan ingin agar antara kantor pusat dengan kantor cabang bisa terhubung bisa berbagi file atupun jika ada trouble pada kantor cabang dapat dicari solusinya dan ternyata kantornya tidak sedekat yang kita bayangkan kantornya berbeda wilayah kota nah disinilah EoIP diperlukan ... ok gaes langsung saja ke konfigurasinya...


Alat Dan Bahan


1.Mikrotik 2 

2.Kabel utp 4
3.Switch
4.Laptop
5.Jangan Lupa Topologinya ya gaess. 




Jangka waktu pelaksanaan


Kira kira sekitar 1 jam lebih deh karna kita menemukan masalah gaes


Proses Tahapan Pekerjaan


Untuk Laptop 2 / ROUTER 2


1.Masuk ke edit connection,add pilih ethernet dan create lalu jangan lupa devicenya dan ganti nama ya !!!








2. Ke Menu IPV4 Setting >> Methodnya manual >>Add>>Masukkan IP address Lihat gambar ya gaes !!! 


3. Buka Winboxnya ya lalu connect ke mikrotik kita sendiri


4. Masuk ke mikrotik kita langsung ke System >> Identity agar nggak salah masuk



5. Masih dimenu System ya gaes untuk mengamankan pilih user >> add (+) name = terserah dan jangan lupa password nya....



 6. Ok gaes langsung masuk ke menu IP >> Address >> (+) >> masukkan ip menuju ke interface ether 2 dan jangan lupa Basic Configurate nya ya udah ada di post saya yang sebelumnya.... jadi disini saya tinggal menjelaskan Set EoIP Tunnel nya


7. Lalu ke menu Bridge (+) >> General >> Apply >> Ok



Jadinya seperti ini gaes


 8. Dan kemenu Interfaces >> (+) eoip tunnel >> untuk name terserah ya saya males ganti jadi udah ada >> untuk Remote Addressnya adalah ip ether 1 lawan yang setting dhcp tadi pasti mendapat ip nah itu yang ip punya kita untuk temen kita dan sebaliknya yang ip punya temen  untuk kita jangan lupa lho ether 1 dan >> Tunnel ID juga harus sama....


9. Masuk ke bridge >> ports >> Interface ether 2 >> Apply >> OK



10. Sama seperti diatas >> interface nya  eoip-tunnel >> apply >> ok


11. Lakukan ping ke ip lawan / temen kita tadi ya gaes hasilnya TTL >> dan coba remote dengan menggunakan ssh ini saya remote ssh admin@192.168.88.1 berhasil tetapi belum sempet saya screenshot karena lupa gaes....




Hasil yang didapatkan 

Router 1 dan 2 dapat saliing terhubung dan Configurate yang kami lakukan diatas dapat diibaratkan seperti contoh tadi...

Temuan Permasalahan 

Saya Tidak bisa meremote punya temen saya itu tetapi sudah terpecahkan masalahnya karena dia sudah meremote saya duluan..

Kesimpulan

Untuk konfigurasi yang Laptop / Router 1 tak perlu saya jelaskan karena settingannya sama hanya langkah ke 8 yang berbeda dikit udah saya jelaskan....

Daftar Pustaka

Semoga Bermanfaat Gaes....




Wassalamu'alaikum Wr.Wb



1 komentar:

Kritik dan Saran :