Thank You For Reading...............

Kamis, 08 Maret 2018

How To Change Linuxmit Hostname

Assalamu’alaikum Wr.Wb

Semangat Minggu pagi gaes.....ok cari ilmu ya di minggu pagi kali ini meskipun minggu saya akan berbagi ilmu mengenai bagaimana cara mengubah hostname di linuxmint ok langsung saja ya.....baca dan praktekan langsung dokumentasikan juga

Latar Belakang 

Sering kali di linuxmint saat penginstallan ada langkah untuk pengisian hostname nah pada saat pengisian hostname itu pasti nggak terlalu diperhatikan dan akhirnya namanya jadi panjang deh misalnya punya saya ya malinda-XED201AAJLS nah gimana coba???lalu saya coba-coba untuk cari cara gimana sih biar namanya berubah nggak panjang gitu dan saya pun menemukan solusinya....untuk langkah-langkah bisa diikuti ya...

Maksud Dan Tujuan

Sudah Jelas yaitu untuk mengubah nama hostname yang panjang biar menjadi sesuka kita...

Alat dan Bahan

Laptop dan cukup terminal lah kan yang mau diubah hostnamenya masa nggak punya laptop dan terminal linux....

Jangka Waktu Pelaksanaan

Kurang lebih nggak sampai 10 menit ...

Langkah Pengerjaan

1.Masuk ke terminal Ctrl+ALt+T >> root >> nano /etc/hostname lalu ubah hostname misal (dari malinda-XED201AAJLS menjadi terserah anda aja) >> nano /etc/hosts >> disamping ip 127.0.1.1 isikan hostname tadi >> CTRL + X >> Y >> Enter >> Reboot >> Cek Kembali Hostname nya pasti sudah berubah 








  



Hasil Yang Didapatkan
Kita dapat mengubah hostname terminal kita sesuai yang kita inginkan ...

Kesimpulan 

Jika kita mendapatkan masalah dalam hal apapun maka jangan lari dari masalah tersebut tetapi kita harus berusaha untuk memecahkan ataupun mencari solusi dari masalahnya...dan satu masalah yang saya temukan didalam pengubahan hostname adalah nama hostname dan hosts berbeda itu ternyata tidak bisa yang keluar nanti malah hostname lama terus ada lagi saya mencoba mengubah hostname saya menjadi malindasr.ml ternyata tidak bisa solusinya adalah memang tidak bisa menggunakan karakter khusus yaitu .
Sekian dan Terimakasih


Wassalamu’alaikum Wr.Wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kritik dan Saran :