Thank You For Reading...............

Rabu, 14 Maret 2018

THE INSTALLATION OF OPENSID

Assalamu'alaikum Wr.Wb

Selamat Siang gaes disini saya akan berbagi sedikit cara instant untuk menginstall opensid.... untuk opensid itu sediri sudah saya singgung sedikit dipostingan saya sebelumnya ya jadi di post kalii ini adalah installasinya....

Alat dan Bahan

~ 1 Laptop dengan file zip opensid dan localhostnya sudah terinstall LAMP karena disini saya menggunakan linux...

Jangka waktu pelaksanaan

Sekitar tidak lebih dari 20 menitan

Proses Tahapan Pekerjaan

1. Buka file open sid (zipnya) ya ~ lalu Extract


Hasil Extract nya gaes

2.Copy dan pindahkan ke File System - var/www/html - biar mudah untuk membuat database ganti nama nya aja gaes misal menjadi sid perhatikan gambar yang bergaris merah ya gaes






3. Klik Folder sid nya ya gaes lalu ada folder lagi namanya desa-contoh itu juga ganti aja namanya gaes contoh saya ganti namanya desa


4. Lalu klik folder desa - ada folder lagi klik config - dan edit file database.php - masukkan password login php myadmin gaes....setelah itu save Ctrl + S



5. Masuk ke browser localhost/phpmyadmin - masukkan username dan password 


6. Ok gaes Buat database nya ya -- Klik New -- SQL -- Create Database sid; (misal) -- lalu Go




7. Jika sukses


8. Langsung masuk ke database yang dibuat tadi gaes kilik sid -- import -- browse -- masukkan data awal / import data awal untuk opensidnya gaes yang tersimpan di var/www/html format filenya sql jangan lupa


9. Tunggu sampai sukses ya gaes ya memang sih lama kan emang banyak data yang harus diimport





10. Langah selanjutnya adalah masuk ke browser localhost/sid karena sid sudah terinstall 




11. Nah untuk menambah data ataupun menghapus data anda bisa mengeditnya kilik paling bawah ya ini masih di localhost/sid tadi


12. Lalu akan dialihkan ke menu login dengan username dan password masih default yaitu admin passwordnya sid304




13. Jeng jeng jeng anda sudah masuk pada SID tinggal mengganti data dan nama desa anda saja semoga dengan adanya sid desa kita tercinta dapat lebih maju lagi dan terkurangi bebannya....


Hasil Yang Didapatkan 

SID sudah terinstall tinggal kita mengolah datanya ...

Temuan Permasalahan

Ok gaes dalam penginstallan temen-temen dan  saya menemukan beberapa permasalahan yang akhirnya dapat terpecahkan  :
  • Apache not Found port 80 itu solusinya pada database.php jangan lupa untuk dikasih passwordnya
  • Database Error 505 itu solusinya ada 2 gaes :
1. Pada saat pembuatan Database jangan lupa sebelum di go cek dulu apakah database dibuat dengan benar tanda tikmanya dicek lagi ;
2. Saat semua langkah sudah terpenuhi namun saat dibuka localhost/sid itu error ternyata kita harus menunggu 1-3 menit dulu karena masih proses lalu coba buka lagi baru bisa....

Kesimpulan

Tentunya jika opensid ini digunakan disebuah desa dan dikelola serta diolah atau digagas maka tak diragukan lagi desa tersebut dalam artian insyaallah dapat lebih maju lagi......

Referensi 

kurang tau gaes saya dibantu temen saya aja dan saya coba sendiri karena temen saya sedang ada urusan maka saya berusaha sendiri dan memecahkan masalahnya ....

Daftar Pustaka

Semoga Bermanfaat gaes sekian dan terimakasih....


Wassalamu'alaikum Wr.Wb


Malinda Sr 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kritik dan Saran :